Space Iklan

PENGERTIAN VPN DAN FUNGSI VPN

PENGERTIAN VPN DAN FUNGSI VPN





Halo Sahabat Blogger,, setelah beberapa hari yang lalu dihebohkan dengan pemblokiran semua sosial media (SOSMED) oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi. banyak dari masyarakat menggunakan VPN untuk bisa mengakses kembali SOSMED yang diblokir.. jadi apa itu VPN...????

Apa itu VPN...? VPN ( Virtual Private Network) adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi (private) melalui jaringan publik (internet).

berikut penjelasan makna dari masing-masing kata VPN.
1. Virtual : hal yang tidak nyata atau semu, dunia maya/internet
2. Private : hal yang sifatnya pribadi, tidak bisa diakses sembarangan orang. untuk menjaga kerahasiaannya dari jaringan publik maka semua data akan di-enkripsi.
3. Network : jaringan koneksi yang saling terhubung.

jadi, dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian VPN adalah hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi riil yang terenkripsi.

FUNGSI VPN Secara Umum.
Penggunaan VPN merupakan cara yang aman untuk mengakses Local Area Network (LAN) yang berada pada jangkauan tertentu, melalui koneksi internet atau jaringan lainnya untuk melakukan transmisi data secara pribadi, dengan menggunakan VPN maka kita dapat menghindari adanya penyusup saat melakukan transmisi data yang sewaktu-waktu bisa masuk ke lalu lintas jaringan.

1. Kerahasiaan Data (Confidentially)
Penggunaan VPN dapat menjaga kerahasiaan data dan informasi milik pengguna agar tidak digunakan orang lain secara sembarangan. saat ini menggunakan jaringan yang bersifat publik bisa dibilang cukup berbahaya, apalagi untuk bisnis-bisnis besar misalnya pada perusahaan jasa konsultan atau asuransi yang rentan dengan informasi-informasi penting. sehingga dengan menggunakan VPN maka bisa mengamankan keluar masuknya data melalui metode enkripsi.

2. Keutuhan Data ( Data Integrity)
VPN juga berguna untuk menyelamatkan data dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. program VPN akan memastikan proses transmisi data selesai dan diterima oleh penerima yang sesuai dengan permintaan user tanpa adanya perubahan sedikitpun atau manipulasi dari data yang dikirim.

3. Otentikasi Sumber (Origin Authentication)
Program pada VPN mampu mengautentifikasi sumber pengirim data yang akan diterima. VPN memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari sumbernya, Jika proses autentikasi berhasil, maka informasi atau data dapat disetujui. dalam hal ini VPN berguna untuk menganalisis sumber-sumber data yang kredibel sehingga dapat mencegah kiriman file virus atau malware.

0 Response to "PENGERTIAN VPN DAN FUNGSI VPN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel