Space Iklan

Beragam Manfaat Coriander Untuk Kesehatan


Manfaat Coriander Untuk Kesehatan 


Coriander atau sering disebut juga daun ketumbar berwarna hijau dengan tepian bergigi, sedangkan bunga majemuknya berbentuk payung bersusun berwarna putih dan merah muda.

Ketumbar (coriander) sendiri merupakan adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri,

Tumbuhan coriander ini berasal dari Eropa selatan dan sekitar laut kaspia. Biasanya tumbuhan ini ditanam di kebun kebun daerah daratan rendah dan pegunungan, seperti halnya seledri, tumbuhan coriander ini hanya mencapai ketinggian satu meter dari tanah.


Pemanfaatan coriander atau ketumbar ini diambil dari daun,biji dan buahnya disebutkan pula ketumbar mengandung lemak dan abu. Sedangkan dalam catatan ensiklopedi disebutkan khasiat coriander ini tidak sebatas pelancar proses pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah, influlenza, wasir, radang lambung, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

Khasiat daun coriander atau ketumbar untuk kesehatan

Anda pastinya sudah mengenal daun coriander atau daun ketumbar yang umumnya digunakan untuk membuat masakan indonesia. Tapi ternyata disamping dapat digunakan untuk masakan, ketumbar mempunyai khasiat lain bagi kesehatan antara lain :

  • Mengecilkan perut besar, coriander adalah sumber alamiah top dari limonene, flavonoid ini menghambat perut mengabsorp lemak-lemak jenuh dan menghantarnya ke liver agar segera dieliminasi.
  • Menciptakan rasa senang.
  • Membunuh kuman
  • Kulit cantik
  • Khasiat obat, minyak ensensial daun ketumbar coriander mengandung senyawa antibakteri dan dapat digunakan sebagai fungsida.


0 Response to "Beragam Manfaat Coriander Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel